Pembagian jam mengajar di SMK dalam konteks Kurikulum Merdeka terdiri dari beberapa komponen utama yang mencerminkan struktur dan tujuan pendidikan yang lebih fleksibel dan berorientasi pada keahlian yang dipilih oleh peserta didik. Berikut adalah penjelasan tentang pembagian jam mengajar dalam Kurikulum Merdeka di SMK:
- Pembelajaran Intrakurikuler: Pembelajaran ini terbagi menjadi dua kelompok, yaitu mata pelajaran umum dan kejuruan. Mata pelajaran umum mencakup mata pelajaran yang relevan dengan keahlian yang dipilih peserta didik, sementara mata pelajaran kejuruan mencakup mata pelajaran yang spesifik untuk bidang keahlian tersebut 23.
- Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Proyek ini dialokasikan dari total Jam Pelajaran (JP) mata pelajaran umum dan beberapa mata pelajaran pilihan per tahun. Tujuannya adalah untuk memperkuat karakter dan nilai-nilai Pancasila pada peserta didik 3.
- Sistem Blok: Kurikulum Merdeka menggunakan sistem blok untuk mengatur beban kerja setiap mata pelajaran dalam jam pelajaran tahunan dan/atau per 2/4 tahun. Ini memungkinkan sekolah untuk mengatur pembelajaran dengan lebih fleksibel, sesuai dengan alokasi waktu per minggu yang tidak selalu salam dalam satu tahun 4.
- Fokus pada Keahlian: Struktur Kurikulum Merdeka SMK mengacu pada keahlian yang dipilih peserta didik, dengan spektrum keahlian yang disusun berdasarkan kebutuhan dunia kerja. Ini memastikan bahwa pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja dan mempersiapkan peserta didik untuk dunia kerja 4.
- Manfaat dan Tujuan: Penerapan Kurikulum Merdeka diharapkan dapat meningkatkan inovasi dan daya kreativitas peserta didik, serta mempersiapkan mereka untuk dunia kerja dengan kemampuan tertentu dan berkualitas. Hal ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan memudahkan orang tua dalam menemukan solusi efektif untuk tantangan pendidikan 4.
- Penulisan Kurikulum: Kurikulum Merdeka diharapkan ditulis secara kontekstual yang sesuai dengan dunia kerja dan industri yang berkembang saat ini, berbasis data dan aktual, serta melibatkan pemangku kepentingan. Kurikulum ini juga dinamis dan dapat diperbarui secara berkesinambungan 4.
Dengan demikian, pembagian jam mengajar di SMK dalam Kurikulum Merdeka dirancang untuk memenuhi kebutuhan pendidikan yang lebih spesifik dan fleksibel, dengan fokus pada pengembangan keahlian dan karakter peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.
Contoh lebih lengkap dapat didownload pada link di bawah ini:
CONTOH PEMBAGIAN JAM MENGAJAR FASE F KURIKULUM MERDEKA DI SMK
Komentar
Posting Komentar