Langsung ke konten utama

Lembar Kerja Alur Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Selaras Industri untuk SMK


(Materi ini disajikan dalam Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka  Selaras Industri oleh Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur di Hotel Batusuki Tahun 2024)

Lembar Kerja Alur Tujuan Pembelajaran (LK-ATP) adalah suatu dokumen yang menyajikan secara sistematis alur proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam Kurikulum Merdeka Selaras Industri. Berikut adalah penjelasan tentang komponen-komponen yang harus ada dalam Lembar Kerja Alur Tujuan Pembelajaran yang baik di dalam Kurikulum Merdeka Selaras Industri:

  1. 1. Identifikasi Tujuan Pembelajaran:

    • LK-ATP harus mencantumkan tujuan pembelajaran yang spesifik dan terukur yang ingin dicapai oleh siswa. Tujuan ini harus relevan dengan kebutuhan industri dan sesuai dengan kompetensi yang diharapkan.
  2. 2. Pembagian Langkah Pembelajaran:

    • LK-ATP membagi langkah-langkah pembelajaran menjadi serangkaian aktivitas yang terurut secara logis. Ini mencakup penyajian materi, aktivitas pembelajaran, latihan praktis, dan evaluasi pencapaian tujuan.
  3. 3. Penyusunan Materi Pembelajaran:

    • Dokumen ini harus mencakup detail materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa. Materi ini harus relevan dengan tujuan pembelajaran, mencakup aspek teori dan praktik yang diperlukan untuk mencapai kompetensi yang diinginkan.
  4. 4. Deskripsi Kegiatan Pembelajaran:

    • LK-ATP harus menjelaskan dengan jelas kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan oleh siswa. Ini bisa termasuk diskusi kelompok, simulasi industri, studi kasus, proyek praktis, atau magang di tempat kerja.
  5. 5. Penyediaan Sumber Daya Pembelajaran:

    • Dokumen ini juga harus mencakup daftar sumber daya pembelajaran yang diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran. Ini termasuk buku teks, materi online, perangkat lunak, peralatan laboratorium, atau bahan-bahan praktis lainnya.
  6. 6. Pemantauan dan Evaluasi:

    • LK-ATP harus mencakup strategi pemantauan dan evaluasi yang akan digunakan untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran oleh siswa. Ini bisa berupa tes, proyek, portofolio, atau penilaian berbasis keterampilan lainnya.
  7. 7. Penggunaan Teknologi:

    • Jika relevan, LK-ATP harus mencantumkan bagaimana teknologi akan digunakan dalam proses pembelajaran. Ini bisa termasuk penggunaan platform e-learning, perangkat lunak simulasi, atau alat pembelajaran digital lainnya.
  8. 8. Pembagian Waktu:

    • LK-ATP harus menyertakan estimasi waktu yang diperlukan untuk setiap langkah pembelajaran. Ini membantu dalam perencanaan dan pengaturan waktu secara efektif selama proses pembelajaran.
  9. 9. Keterlibatan Siswa dan Pengajar:

    • Terakhir, LK-ATP harus mempertimbangkan keterlibatan aktif siswa dan pengajar dalam proses pembelajaran. Ini mencakup memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam aktivitas pembelajaran dan memfasilitasi peran pengajar sebagai fasilitator pembelajaran.

Dengan menyusun Lembar Kerja Alur Tujuan Pembelajaran yang baik sesuai dengan Kurikulum Merdeka Selaras Industri, pengajar dapat memandu siswa melalui proses pembelajaran yang terstruktur dan sistematis, sehingga membantu mereka mencapai kompetensi yang diharapkan dan siap untuk sukses dalam dunia kerja.

Materi selengkapnya dapat di download pada link di bawah ini.

Related Posts

Komentar