Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SMK adalah upaya untuk mengintegrasikan pengembangan karakter dengan kompetensi kejuruan. Melalui projek-projek yang kontekstual dan interdisipliner, siswa diajak untuk menginternalisasi nilai-nilai Pancasila, mengembangkan keterampilan sosial dan emosional, serta menerapkan pengetahuan kejuruan dalam situasi nyata.
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah salah satu inisiatif penting dalam Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk mengembangkan karakter siswa yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila. Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), P5 dirancang untuk mengintegrasikan penguatan karakter dengan kompetensi kejuruan.
Tujuan P5
- Penguatan Karakter: Membentuk siswa yang berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu religius, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, kreatif, dan berkebinekaan global.
- Pengembangan Kompetensi Sosial dan Emosional: Meningkatkan keterampilan sosial dan emosional siswa untuk beradaptasi dalam kehidupan masyarakat.
- Integrasi dengan Kompetensi Kejuruan: Menggabungkan penguatan karakter dengan keterampilan kejuruan yang spesifik, sesuai dengan bidang yang dipelajari siswa di SMK.
Implementasi P5 di SMK
- Projek Berbasis Kontekstual: Projek P5 dirancang agar relevan dengan konteks lokal, kebutuhan masyarakat, dan bidang keahlian siswa. Misalnya, projek yang berhubungan dengan teknologi, kewirausahaan, atau lingkungan.
- Kolaborasi dan Partisipasi: Siswa bekerja dalam kelompok, mendorong kolaborasi, komunikasi, dan kemampuan bekerja dalam tim. Mereka juga diajak untuk berpartisipasi aktif dalam masyarakat melalui projek nyata.
- Pendekatan Interdisipliner: Projek mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu, sehingga siswa dapat melihat keterkaitan antara pengetahuan akademis dan praktik kejuruan.
- Pembelajaran Aktif dan Reflektif: Siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga refleksi hasil projek. Ini membantu mereka memahami proses dan hasil dari kegiatan mereka.
Contoh Projek P5 di SMK
- Projek Kewirausahaan: Siswa mengembangkan bisnis kecil-kecilan yang melibatkan produk lokal, mengajarkan keterampilan bisnis sekaligus nilai gotong royong dan kemandirian.
- Projek Lingkungan: Siswa melakukan projek penghijauan atau pengelolaan sampah di lingkungan sekolah atau masyarakat sekitar, mengajarkan nilai kepedulian terhadap lingkungan.
- Projek Teknologi: Siswa menciptakan solusi teknologi untuk masalah lokal, misalnya sistem irigasi otomatis untuk pertanian, mengintegrasikan keterampilan teknis dengan kreativitas dan bernalar kritis.
Komentar
Posting Komentar