Langsung ke konten utama

Pos Asesmen Nasional 2024

Pedoman Penyelenggaraan Asesmen Nasional adalah panduan yang disusun oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk membantu sekolah, madrasah, dan lembaga pendidikan dalam melaksanakan Asesmen Nasional (AN) dengan baik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. AN bertujuan untuk mengevaluasi mutu pendidikan dan mendorong perbaikan di seluruh satuan pendidikan di Indonesia.

Berikut adalah penjelasan mengenai pedoman penyelenggaraan Asesmen Nasional:

1. Tujuan Penyelenggaraan Asesmen Nasional

  • Mengukur Kompetensi Siswa: Pedoman ini memberikan petunjuk untuk mengukur kompetensi siswa melalui Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.
  • Mendorong Perbaikan Pendidikan: Dengan hasil AN, sekolah diharapkan dapat mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan merumuskan strategi peningkatan mutu pendidikan.
  • Evaluasi Kebijakan Pendidikan: Data dari AN digunakan oleh pemerintah untuk mengevaluasi dan merumuskan kebijakan pendidikan yang lebih baik.

2. Komponen Utama dalam Penyelenggaraan Asesmen Nasional

  • Asesmen Kompetensi Minimum (AKM): Mengukur kemampuan literasi dan numerasi siswa. Soal-soal AKM berbasis komputer dan disesuaikan dengan konteks kehidupan nyata.
  • Survei Karakter: Mengukur nilai-nilai karakter siswa seperti integritas, gotong royong, dan kemandirian.
  • Survei Lingkungan Belajar: Mengevaluasi kondisi lingkungan belajar di sekolah, termasuk faktor-faktor seperti keamanan, kenyamanan, dan fasilitas.

3. Tahapan Penyelenggaraan Asesmen Nasional

  • Perencanaan: Sekolah harus menyusun rencana pelaksanaan AN, termasuk persiapan infrastruktur, penjadwalan, dan pelatihan bagi proktor dan teknisi.
  • Pelaksanaan: Pelaksanaan AN dilakukan secara daring (online) menggunakan perangkat komputer. Proses ini melibatkan pengawasan yang ketat untuk memastikan integritas asesmen.
  • Pelaporan dan Analisis Hasil: Setelah pelaksanaan AN, sekolah menerima laporan hasil asesmen yang berisi data tentang capaian siswa dan kondisi lingkungan belajar. Data ini dianalisis untuk merumuskan langkah-langkah perbaikan.

4. Persiapan dan Fasilitas

  • Infrastruktur: Sekolah harus mempersiapkan infrastruktur teknologi seperti komputer, jaringan internet, dan listrik yang memadai.
  • Pelatihan Proktor dan Teknisi: Petugas yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan AN perlu mengikuti pelatihan untuk memastikan mereka mampu mengoperasikan sistem dan menangani kendala teknis yang mungkin muncul.
  • Sosialisasi kepada Siswa: Siswa harus diberikan pemahaman mengenai tujuan dan proses AN sehingga mereka dapat mengikuti asesmen dengan baik.

5. Pengawasan dan Penjaminan Mutu

  • Pengawasan: Pelaksanaan AN diawasi oleh pengawas independen untuk memastikan proses berjalan sesuai pedoman dan menghindari kecurangan.
  • Penjaminan Mutu: Sekolah harus memastikan bahwa pelaksanaan AN berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dalam pedoman, termasuk dalam aspek teknis, administrasi, dan etika.

6. Penanganan Kendala

  • Teknis: Sekolah harus siap menangani kendala teknis seperti gangguan jaringan atau listrik. Ada prosedur khusus yang diatur dalam pedoman untuk menangani situasi darurat.
  • Administratif: Kendala administratif seperti kekurangan dokumen atau ketidaksesuaian data siswa harus diselesaikan sebelum pelaksanaan AN dimulai.

7. Evaluasi dan Tindak Lanjut

  • Evaluasi Internal: Setelah AN, sekolah diharapkan melakukan evaluasi internal untuk mengidentifikasi keberhasilan dan kendala yang dihadapi selama pelaksanaan.
  • Tindak Lanjut: Hasil dari evaluasi AN digunakan sebagai dasar untuk perbaikan di berbagai aspek pendidikan, baik dari sisi kurikulum, metode pengajaran, maupun fasilitas pendukung.

8. Kepatuhan Terhadap Panduan

  • Sekolah diwajibkan mematuhi semua ketentuan yang tertuang dalam pedoman penyelenggaraan AN untuk memastikan bahwa asesmen berlangsung dengan adil, jujur, dan bermakna.

Dengan mengikuti Pedoman Penyelenggaraan Asesmen Nasional, diharapkan sekolah dapat melaksanakan AN dengan lancar dan hasilnya dapat digunakan untuk mendorong perbaikan mutu pendidikan secara berkelanjutan.

Tuliskan pendapat Bapak/Ibu di kolom komentar.

Link download tidak bisa dibuka ? Tulis di kolom komentar.

Related Posts

Komentar