Spektrum keahlian dan struktur kurikulum di SMK merupakan elemen penting dalam pembentukan kompetensi siswa yang sesuai dengan kebutuhan industri dan dunia kerja. Berikut penjelasannya:
1. Spektrum Keahlian di SMK
Spektrum keahlian adalah daftar bidang dan program keahlian yang ditawarkan di SMK, dikelompokkan berdasarkan sektor industri dan teknologi yang relevan. Spektrum keahlian disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyesuaikan program pendidikan vokasi dengan kebutuhan pasar kerja.
Beberapa sektor dalam spektrum keahlian SMK meliputi:
- Teknologi dan Rekayasa: Program keahlian seperti Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Mesin, Teknik Elektronika.
- Teknologi Informasi dan Komunikasi: Program keahlian seperti Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), dan Animasi.
- Bisnis dan Manajemen: Akuntansi, Pemasaran, Perbankan.
- Pariwisata: Perhotelan, Jasa Boga, Tata Busana.
- Kesehatan: Keperawatan, Farmasi.
Spektrum ini menjadi acuan dalam pengembangan program pembelajaran di setiap sekolah, memastikan bahwa siswa memiliki keterampilan yang relevan dengan bidang yang dipilih.
2. Struktur Kurikulum SMK
Struktur kurikulum SMK berdasarkan Kurikulum Merdeka berfokus pada pembentukan kompetensi teknis dan sikap kerja siswa sesuai dengan standar industri. Struktur kurikulum dibagi menjadi beberapa komponen:
a. Capaian Pembelajaran
Mata pelajaran di SMK didasarkan pada capaian pembelajaran yang diharapkan pada setiap level, termasuk pengetahuan teoritis, keterampilan praktis, serta sikap profesional.
b. Mata Pelajaran Umum
- Pendidikan Agama
- Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
- Bahasa Indonesia
- Matematika
- Ilmu Pengetahuan Alam
- Bahasa Inggris
- Sejarah Indonesia
c. Mata Pelajaran Kejuruan
Terdiri dari:
- Dasar-dasar Kejuruan: Pengenalan umum terhadap bidang keahlian seperti pengenalan teknologi informasi untuk jurusan TKJ.
- Mata Pelajaran Kejuruan: Mata pelajaran yang spesifik sesuai program keahlian yang dipilih, seperti Administrasi Server, Jaringan Komputer, atau Manajemen Basis Data untuk jurusan TKJ.
d. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Ini adalah kegiatan projek yang mengintegrasikan nilai-nilai kebangsaan, moral, dan pengembangan karakter siswa, dikaitkan dengan tema yang relevan, seperti proyek kewirausahaan atau lingkungan.
e. Praktek Kerja Lapangan (PKL)
PKL adalah bagian integral dari kurikulum SMK, di mana siswa melakukan praktik di industri selama beberapa bulan, bertujuan untuk memperkuat keterampilan yang telah dipelajari di sekolah dan menerapkannya di dunia kerja nyata.
f. Unit Kegiatan Terintegrasi
Ini bisa berupa kegiatan ekstrakurikuler atau latihan kewirausahaan yang mendorong siswa untuk mengembangkan soft skills seperti kepemimpinan, komunikasi, dan kolaborasi.
3. Penilaian
Penilaian di SMK mencakup penilaian keterampilan, penilaian akademik, serta sikap siswa. Penilaian praktik biasanya dilakukan dalam bentuk ujian kompetensi yang diakui oleh industri atau sertifikasi kompetensi.
4. Pilihan Program Keahlian
Siswa dapat memilih program keahlian sejak kelas X, dengan panduan dari guru bimbingan dan orang tua, sesuai dengan minat, bakat, serta perkembangan industri.
Dengan spektrum keahlian yang luas dan struktur kurikulum yang berfokus pada kebutuhan industri, SMK bertujuan menghasilkan lulusan yang siap bekerja, memiliki keterampilan teknis, dan mampu bersaing di dunia kerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.
Selengkapnya dapat di download di bawah ini.
Jika link tidak dapat didownload silahkan hubungi kami. Berikan pendapat Bapak/Ibu pada kolom komentar.
Komentar
Posting Komentar