Langsung ke konten utama

Pembelajaran dan Penilaian Sebagai Implementasi KSP 2025/2026

Pembelajaran dan Penilaian sebagai Implementasi KSP 2025/2026

1. Pendahuluan

Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP) merupakan kurikulum operasional yang dikembangkan dan dilaksanakan oleh satuan pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan kebijakan Kurikulum Merdeka. Salah satu elemen penting dari implementasi KSP adalah bagaimana satuan pendidikan merancang pembelajaran dan penilaian yang sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik.


2. Landasan Implementasi

Implementasi pembelajaran dan penilaian dalam KSP 2025/2026 mengacu pada beberapa regulasi dan dokumen acuan, di antaranya:

  • Permendikdasmen Nomor 13 Tahun 2025 tentang Standar Proses.

  • Permendikdasmen Nomor 12 Tahun 2025 tentang Standar Isi.

  • Keputusan BSKAP tentang Capaian Pembelajaran (CP) dan Profil Pelajar Pancasila.

  • Panduan Pembelajaran dan Asesmen dari Kemdikbudristek.


3. Prinsip-prinsip Pembelajaran dalam KSP

Pembelajaran dalam KSP 2025/2026 dirancang dengan prinsip:

  • Berpusat pada peserta didik.

  • Kontekstual dan relevan dengan kehidupan nyata.

  • Berdiferensiasi, sesuai dengan kebutuhan belajar individu.

  • Kolaboratif dan partisipatif.

  • Berbasis proyek untuk mendukung Profil Pelajar Pancasila.


4. Perencanaan Pembelajaran

Setiap guru merancang pembelajaran dengan mengacu pada:

  • Capaian Pembelajaran (CP) sesuai fase.

  • Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

  • Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan secara operasional.

  • Strategi pembelajaran yang aktif dan bervariasi.

  • Asesmen pembelajaran, baik formatif maupun sumatif.

Perencanaan ini tertuang dalam:

  • Modul Ajar (untuk pendekatan berbasis mata pelajaran).

  • Modul Projek (untuk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila/ P5).


5. Pelaksanaan Pembelajaran

Pelaksanaan pembelajaran mencerminkan:

  • Keaktifan dan keterlibatan peserta didik.

  • Penggunaan pendekatan kontekstual (problem-based, project-based, inquiry-based).

  • Fleksibilitas dalam waktu dan metode.

  • Pemberian umpan balik yang mendukung perbaikan proses belajar.

Satuan pendidikan diberi kebebasan untuk mengatur pembelajaran blok, tematik, atau interdisipliner sesuai karakteristik peserta didik dan kebutuhan daerah.


6. Penilaian dalam KSP

Penilaian dirancang untuk mendukung pembelajaran, bukan sekadar mengukur hasil. Penilaian dalam KSP terdiri dari:

a. Asesmen Formatif

  • Dilakukan selama proses pembelajaran.

  • Memberikan umpan balik yang membangun.

  • Digunakan untuk mengidentifikasi kesenjangan belajar dan menyesuaikan strategi pengajaran.

b. Asesmen Sumatif

  • Dilakukan di akhir unit pembelajaran untuk menilai ketercapaian tujuan.

  • Dapat berupa portofolio, tes, unjuk kerja, atau produk belajar.

c. Pelaporan Hasil Belajar

  • Disampaikan secara deskriptif dan kualitatif.

  • Mencerminkan perkembangan kompetensi peserta didik, termasuk nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila.


7. Peran Guru dan Satuan Pendidikan

  • Guru: sebagai perancang dan pelaksana pembelajaran yang reflektif dan adaptif.

  • Kepala Sekolah: sebagai pemimpin pembelajaran yang memastikan keselarasan kurikulum, pelaksanaan, dan evaluasi.

  • Tim Kurikulum: bertugas menyusun dan merevisi dokumen KSP secara berkala.


8. Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran

  • Setiap akhir semester, satuan pendidikan melakukan refleksi terhadap pembelajaran dan penilaian yang sudah dilakukan.

  • Refleksi digunakan untuk memperbaiki perencanaan dan implementasi kurikulum di periode berikutnya.


9. Kesimpulan

Pembelajaran dan penilaian dalam KSP 2025/2026 bukan hanya sekadar aktivitas rutin, tetapi merupakan proses yang dirancang dengan sadar dan bermakna untuk memastikan bahwa setiap peserta didik berkembang secara utuh. Guru dan satuan pendidikan memiliki otonomi dan tanggung jawab besar dalam memastikan keterlaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik lokal, kebutuhan peserta didik, dan arah kebijakan nasional.

Selengkapnya tentang  Pembelajaran dan Penilaian Sebagai Implementasi KSP 2025/2026 dapat dilihat di sini.

Bagikan link Blog ini agar bisa memberikan manfaat kepada banyak orang. Mari bersama-sama menebar kebaikan.

Jangan lupa tinggalkan pesan di kolom komentar.

Dan untuk Bapak/Ibu yang tertarik di bidang kurikulum, bisa bergabung di WA Grub Forum Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMK Jawa Timur pada Link di deskripsi judul blog: 

(1) Link WA Grub Forum #1 (Penuh)

(2) Link WA Grub Forum #2

(Pilih salah satu link dan WAJIB konfirmasi ke Admin)

Terima kasih.

Related Posts

Komentar