Kerangka Asesmen TKA untuk Jenjang SD/MI dan SMP/MTs Menurut Peraturan Kepala BSKAP Nomor 047/H/AN/2025
Kerangka Asesmen Tes Kemampuan Akademik (TKA) untuk jenjang SD/MI dan SMP/MTs, berdasarkan Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikdasmen Nomor 047/H/AN/2025, yang ditetapkan pada 24 Juli 2025
1. Dasar & Ruang Lingkup Peraturan
Peraturan ini diterbitkan untuk menjadi panduan resmi bagi berbagai pihak—mulai dari Kementerian, Pemerintah Daerah, satuan pendidikan, hingga murid—dalam menyelenggarakan TKA jenjang SD/MI dan SMP/MTs
Kerangka ini mencakup empat komponen utama, yang sesuai dengan Pasal 3 dalam peraturan:
-
Latar Belakang dan Tujuan
-
Mata Uji dan Jenis Soal
-
Muatan dan Kompetensi yang Diujikan
-
Contoh Soal
2. Latar Belakang dan Tujuan
-
TKA dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelaporan capaian akademik individu murid secara terstandardisasi, karena penilaian internal sekolah (seperti rapor) sering tidak objektif dan sulit dibandingkan antar sekolah
-
Tes ini bukan untuk menentukan kelulusan, melainkan sebagai instrumen penilaian eksternal dan perbandingan akademik yang adil
-
TKA juga sebagai alat untuk memperkuat higher-order thinking skills, memperkaya hasil Asesmen Nasional, dan mengakui hasil belajar pada jalur nonformal/informal
3. Mata Uji dan Jenis Soal
-
Mata Uji:
-
Bahasa Indonesia
-
Matematika
Peserta TKA jenjang SD/MI dan SMP/MTs wajib mengikuti kedua mata uji ini
-
-
Jenis Soal:
-
Soal tunggal: berdiri sendiri.
-
Soal grup: sekumpulan soal berbasis stimulus yang sama.
-
Bentuk soal terdiri atas:
-
Pilihan Ganda Sederhana – satu jawaban benar.
-
Pilihan Ganda Kompleks (MCMA) – lebih dari satu jawaban benar.
-
Pilihan Ganda Kompleks Kategori – respon terhadap beberapa pernyataan (misalnya benar/salah, sesuai/tidak sesuai)
-
-
4. Muatan & Kompetensi yang Diuji
A. SD/MI (Sederajat)
Bahasa Indonesia:
-
Fokus pada keterampilan membaca terhadap teks informasi dan teks fiksi.
-
Teks informasi berbasis fakta lokal/nasional; teks fiksi bersifat rekaan dengan tokoh datar, alur maju, dan sudut pandang orang pertama.
-
Kompetensi yang diukur:
-
Pemahaman tekstual: mengidentifikasi informasi eksplisit, menyusun ulang, membuat ikhtisar.
-
Pemahaman inferensial: menarik kesimpulan dari informasi tersirat.
-
Evaluasi & apresiasi: menilai gagasan/fakta/opini; menanggapi isi teks secara emosional dan reflektif
-
-
Ciri teks: kosakata sederhana (kata dasar/imbuhan), kalimat pendek (3–7 kata), kohesi sederhana, panjang teks sekitar 150–200 kata
Matematika:
-
Materi mencakup bilangan, geometri & pengukuran, dan data.
-
Kompetensi yang diukur:
-
Pengetahuan & Pemahaman,
-
Aplikasi,
-
Penalaran (three cognitive levels).
-
-
Fokus pada kemampuan: penalaran, pemecahan masalah, representasi, koneksi konsep, dalam konteks sehari-hari atau kurikulum nasional
B. SMP/MTs (Sederajat)
Bahasa Indonesia:
-
Tetap memfokuskan pada keterampilan membaca teks informasi dan fiksi, namun dengan kompleksitas lebih tinggi:
-
Teks informasi: dapat bersifat lokal, nasional, atau global; tunggal maupun jamak.
-
Teks fiksi: lebih kompleks, tokoh bulat, konflik tunggal/jamak, alur campuran, sudut pandang orang ketiga.
-
-
Karakteristik teks: kosakata lebih abstrak/teknis, kalimat majemuk (5–9 kata), serta kohesi wacana yang lebih beragam.
-
Kompetensi yang diukur tetap meliputi pemahaman tekstual, inferensial, dan evaluasi/apresiasi, namun dengan tuntutan analisis yang lebih mendalam
Matematika:
-
Materi meluas menjadi bilangan, aljabar, geometri & pengukuran, serta data & peluang.
-
Kompetensi yang diukur mencakup penalaran, representasi, logika matematika, pemecahan masalah, dan koneksi konsep.
-
Tingkatan kognitif sama seperti SD (Knowing & Understanding, Applying, Reasoning), diterapkan pada konteks matematika yang lebih kompleks dan sehari-hari
5. Contoh Soal
Kerangka ini juga menyertakan contoh soal untuk kedua jenjang, memberikan gambaran bentuk soal dalam TKA—misalnya format soal Bahasa Indonesia SD/MI berupa pilihan ganda grup yang menguji pemahaman tekstual
6. Ringkasan Tabel
Komponen | SD/MI | SMP/MTs |
---|---|---|
Mata Uji | Bahasa Indonesia, Matematika | Bahasa Indonesia, Matematika |
Jenis Soal | Tunggal & grup; PG sederhana, MCMA, kategori | Sama seperti SD/MI |
Fokus Bahasa | Membaca teks informasi & fiksi sederhana | Membaca teks informasi & fiksi kompleks |
Fokus Matematika | Bilangan, geometri, data (3 level kognitif) | Bilangan, aljabar, geometri, peluang (3 level) |
Kompetensi Bahasa | Tekstual, inferensial, evaluasi/apresiasi | Sama, dengan kompleksitas lebih tinggi |
Kompetensi Matematika | Penalaran, aplikasi, pemecahan masalah | Ditambah representasi & logika matematika |
Contoh Soal | Tersedia (format, tipe kompetensi) | Tersedia (serupa) |
Penutup
Kerangka Asesmen TKA ini bertujuan:
-
Memberikan penilaian eksternal yang adil dan terstandardisasi,
-
Memperkuat higher-order thinking dan kualitas pembelajaran,
-
Menjadi referensi pengakuan hasil belajar nonformal/informal, bukan penentu kelulusan.
Selengkapnya tentang Kerangka Asesmen TKA untuk Jenjang SD/MI dan SMP/MTs Menurut Peraturan Kepala BSKAP Nomor 047/H/AN/2025 dapat dilihat di sini.
Jangan lupa tinggalkan pesan di kolom komentar, bila ada materi yang dibutuhkan
Dan untuk Bapak/Ibu yang tertarik di bidang kurikulum, bisa bergabung di WA Grub Forum Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMK Jawa Timur pada Link di bawah ini :
(1) Link WA Grub Forum #1 (Penuh)
(Pilih salah satu link dan WAJIB konfirmasi ke Admin)
Terima kasih.
Komentar
Posting Komentar