Pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) dan Survei Lingkungan Belajar Pendidikan Anak Usia Dini (Sulingjar PAUD) tahun 2024 semakin dekat.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek sudah menerbitkan Pedoman Penyelenggaraan AN dan Pedoman Penyelenggaraan Sulingjar PAUD.
1. Asesmen Nasional: Asesmen nasional adalah proses evaluasi yang dilakukan secara sistematis untuk mengukur pencapaian siswa dalam kompetensi tertentu pada tingkat nasional. Tujuan utama dari asesmen nasional adalah untuk memantau dan mengevaluasi kinerja sistem pendidikan secara keseluruhan, serta untuk memberikan informasi penting kepada stakeholder, seperti pemerintah, sekolah, guru, dan orang tua, mengenai sejauh mana siswa telah mencapai standar kompetensi yang ditetapkan. Asesmen nasional biasanya melibatkan penggunaan instrumen standar yang disebarkan secara luas kepada siswa di berbagai wilayah atau institusi pendidikan. Hasil asesmen nasional sering digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sistem pendidikan, serta untuk merancang kebijakan dan program perbaikan.
2. Survey Lingkungan Belajar: Survey lingkungan belajar adalah alat evaluasi yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang kondisi fisik, sosial, dan psikologis lingkungan belajar di sekolah. Tujuan dari survey ini adalah untuk memahami persepsi siswa, guru, dan staf sekolah tentang berbagai aspek lingkungan belajar, termasuk kenyamanan ruang kelas, keamanan sekolah, ketersediaan sumber daya pembelajaran, hubungan antar siswa dan guru, serta dukungan sosial dan emosional yang tersedia. Survey lingkungan belajar dapat membantu sekolah dalam mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan atau pengembangan, serta untuk merencanakan strategi dan intervensi yang tepat guna meningkatkan kualitas lingkungan belajar secara keseluruhan. Data dari survey ini juga dapat digunakan untuk membangun kesadaran dan keterlibatan komunitas sekolah dalam proses perbaikan dan pengembangan.
Dengan menggunakan kedua instrumen evaluasi ini, baik asesmen nasional maupun survey lingkungan belajar, sekolah dan pemerintah dapat memperoleh pemahaman yang lebih holistik tentang kondisi pendidikan dan lingkungan belajar di tingkat nasional maupun lokal. Hal ini penting untuk mendukung upaya perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan.
Pedoman tentang pelaksanaan Asesmen Nasional dan Survei Lingkungan Belajar Tahun 2024 dapat di DOWNLOAD DI SINI.
Komentar
Posting Komentar