Langsung ke konten utama

CP, TP, ATP, DAN MODUL AJAR PADA KURIKULUM MERDEKA

 

Di dalam Kurikulum Merdeka, terdapat beberapa komponen penting yang dirancang untuk memastikan proses pembelajaran yang efektif dan berpusat pada peserta didik. Komponen-komponen tersebut adalah Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, dan Modul Ajar. Berikut penjelasan umum mengenai masing-masing komponen tersebut:

Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran adalah target kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik setelah menyelesaikan proses pembelajaran pada periode tertentu. CP mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai siswa di setiap jenjang pendidikan. Tujuan utamanya adalah memastikan siswa memiliki kemampuan yang relevan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat.

Tujuan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran merupakan pernyataan spesifik mengenai hasil yang diharapkan dari proses pembelajaran dalam jangka pendek. Tujuan ini lebih terperinci dibandingkan dengan CP dan dirumuskan untuk memudahkan guru dalam merancang kegiatan pembelajaran serta mengevaluasi kemajuan siswa. Tujuan Pembelajaran biasanya mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Alur Tujuan Pembelajaran adalah urutan logis dan sistematis dari tujuan pembelajaran yang dirancang agar materi dapat disampaikan secara bertahap, dari yang paling sederhana hingga yang kompleks. ATP membantu guru merencanakan proses pembelajaran sehingga setiap tujuan pembelajaran dapat tercapai sebelum melanjutkan ke tujuan berikutnya, memastikan pemahaman yang lebih baik bagi siswa.

Modul Ajar

Modul Ajar adalah bahan ajar yang dirancang sebagai panduan bagi guru dalam proses pembelajaran. Modul ini mencakup materi pembelajaran, metode pengajaran, media yang digunakan, serta cara evaluasi untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran. Modul Ajar disusun agar fleksibel dan dapat disesuaikan dengan konteks dan kebutuhan lokal, memungkinkan pembelajaran yang lebih relevan dan kontekstual bagi peserta didik.

Secara keseluruhan, Kurikulum Merdeka mengintegrasikan keempat komponen ini untuk menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan adaptif, yang memfasilitasi pengembangan kompetensi siswa secara holistik dan berkesinambungan.

Penjelasan selengkapnya tentang CP, TP, ATP dan Modul Ajar pada kurikulum merdeka, dapat dilihat di bawah ini :

(Materi disajikan pada Bimtek IKM, tanggal 5-7 Juni 2024, di Hotel Mercury)
Jika link tidak dapat dibuka, silahkan tulis di komentar.

Related Posts

Komentar

  1. Kenapa di blokir

    BalasHapus
  2. Sehubungan dengan adanya penataan ulang file di database, kemungkinan ada beberapa yang terkendala. Terima kasih atas informasinya.

    BalasHapus

Posting Komentar