Langsung ke konten utama

Keputusan Kepala BSKAP No 46 Th 2025 tentang Capaian Pembelajaran

 

Keputusan Kepala BSKAP Nomor 46 Tahun 2025 tentang Capaian Pembelajaran (CP) dalam Kurikulum Merdeka bagi jenjang PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK:


๐Ÿงพ Latar Belakang & Ruang Lingkup

  • Ditetapkan oleh Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek.

  • Menetapkan kerangka Capaian Pembelajaran (CP) pada semua jenjang pendidikan sejak PAUD hingga SMK/MAK, sebagaimana tercantum dalam Lampiran I–III Keputusan tersebut.

  • Dokumen ini merupakan acuan utama untuk pengembangan kurikulum dan perangkat pembelajaran di sekolah.


๐ŸŽฏ Struktur Fase Pembelajaran

Capaian Pembelajaran dirancang berdasarkan fase perkembangan peserta didik, bukan sekadar kelas:

  1. Fase Fondasi (PAUD)

  2. Fase A: kelas I–II SD/MI

  3. Fase B: kelas III–IV SD/MI

  4. Fase C: kelas V–VI SD/MI

  5. Fase D: kelas VII–IX SMP/MTs

  6. Fase E: kelas X SMA/MA

  7. Fase F: kelas XI–XII SMA/MA atau program SMK/MAK.

Setiap fase memiliki indikator kompetensi yang disesuaikan perkembangan kognitif, sosial, emosional, dan akademik peserta didik.


๐Ÿ“š Isi Capaian Pembelajaran per Jenjang

  • PAUD (Fase Fondasi): mencakup perkembangan karakter Pancasila, motorik, bahasa, sosial-emosional, dan kesiapan sekolah.

  • SD/MI hingga SMA/MA & SMK/MAK: CP dirumuskan per fase dan berdasarkan mata pelajaran (lihat lampiran II & III) .
    Contoh fokus kompetensi meliputi penalaran kritis, numerasi, literasi, dan penguasaan materi jurusan (untuk SMK/MAK).


๐Ÿ” Karakter dan Prinsip CP

  • Disusun berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

  • Dirancang untuk fleksibel dan berintegrasi antar bidang: karakter Pancasila, literasi, numerasi, dan keterampilan abad 21.

  • Memperhatikan transisi antara fase, terutama dari PAUD ke SD (fase A), untuk kelancaran perkembangan anak.


๐Ÿ”— Implikasi untuk Guru dan Sekolah

  • Rujukan utama untuk merancang Perangkat Pembelajaran (RPP, modul, asesmen).

  • Pembelajaran harus berorientasi pada pencapaian kompetensi di akhir fase.

  • Satuan pendidikan perlu menyesuaikan kurikulumnya agar selaras dengan CP, berikut muatan lokal sesuai kebutuhan.


✅ Ringkasan Tabel

Jenjang & FaseFokus CP utama
PAUD (Fondasi)Karakter Pancasila, motorik, bahasa, sosial-emosional, kesiapan sekolah
SD/MI (Fase A–C)Literasi, numerasi, karakter, mata pelajaran umum
SMP/MTs (Fase D)Pendalaman literasi, numerasi, mata pelajaran bidang
SMA/MA & SMK/MAK (E–F)Penalaran tingkat tinggi, penguasaan mata pelajaran, keterampilan vokasi

๐Ÿ“ Kesimpulan

Keputusan Kepala BSKAP Nomor 46 Tahun 2025 menetapkan kerangka Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka dengan struktur fase yang berorientasi pada perkembangan peserta didik. Dokumen ini menjadi dasar utama dalam perancangan kurikulum, pembelajaran, dan asesmen di seluruh jenjang.

Selengkapnya tentang Keputusan BSKAP No 46 Th 2025 tentang Capaian Pembelajaran dapat dilihat di sini.

Bagikan link Blog ini agar bisa memberikan manfaat kepada banyak orang. Mari bersama-sama menebar kebaikan.

Jangan lupa tinggalkan pesan di kolom komentar.

Dan untuk Bapak/Ibu yang tertarik di bidang kurikulum, bisa bergabung di WA Grub Forum Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMK Jawa Timur pada Link di deskripsi judul blog: 

(1) Link WA Grub Forum #1 (Penuh)

(2) Link WA Grub Forum #2

(Pilih salah satu link dan WAJIB konfirmasi ke Admin)

Terima kasih.

Related Posts

Komentar