Langsung ke konten utama

Postingan

Panduan Pembelajaran dan Asesmen Edisi Revisi Tahun 2025

  📘 Panduan Pembelajaran dan Asesmen Tahun 2025 📌 Latar Belakang Panduan ini disusun sebagai acuan bagi satuan pendidikan dan pendidik dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran serta asesmen (penilaian) sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Fokus utama dari panduan ini adalah mendorong pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik dan asesmen yang mendukung pembelajaran mendalam. 🎯 Tujuan Panduan Membantu guru dalam merancang pembelajaran yang berpihak pada peserta didik. Memberikan pedoman praktik asesmen formatif dan sumatif yang terintegrasi. Memfasilitasi perencanaan pembelajaran berbasis capaian pembelajaran (CP). Mendorong penggunaan asesmen sebagai bagian dari proses belajar, bukan sekadar alat pengukur hasil. 🧩 Komponen Utama dalam Panduan Capaian Pembelajaran (CP) Merupakan kompetensi inti yang harus dicapai peserta didik dalam fase belajar tertentu. Disusun dalam bentuk narasi, tidak berbentuk KD atau indikator sep...

NOTA DINAS DARI DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR TENTANG KSP TAHUN 2025

Sejalan dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum PAUD dan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengahdan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka), bersama ini kami sampaikan ketentuan tentang penyusunan Dokumen Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP) SMK Tahun pelajaran 2025/2026.  Selengkapnya dapat dilihat di sini. Bagikan link Blog ini agar bisa memberikan manfaat kepada banyak orang. Mari bersama-sama menebar kebaikan. Jangan lupa tinggalkan pesan di kolom komentar. Dan untuk Bapak/Ibu yang tertarik di bidang kurikulum, bisa bergabung di WA Grub Forum Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMK Jawa Timur pada Link di deskripsi judul blog:  (1)  Link WA Grub Forum #1  (Penuh) (2)  Link WA Grub Forum #2 (Pilih salah satu link dan  WAJIB  konfirm...

PERMENDIKDASMEN NOMOR 12 TAHUN 2025 TENTANG STANDAR ISI PENDIDIKAN

Peraturan Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 12 Tahun 2025 tentang Standar Isi Pendidikan : 🧭 Ruang Lingkup & Tujuan Permendikdasmen ini menetapkan Standar Isi sebagai kerangka kurikulum nasional yang berfokus pada muatan materi yang esensial dan kompetensi minimal wajib di setiap jenjang: PAUD (pendidikan anak usia dini), SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA/MAK Disusun untuk mengembangkan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik sebagai pelajar sepanjang hayat berkarakter Pancasila. Tujuannya adalah menghasilkan pembelajaran bermakna untuk penguatan karakter, ketakwaan, dan keimanan/ 🧩 Struktur Kurikulum Kerangka Dasar Kurikulum meliputi: Tujuan, prinsip, karakteristik, dan landasan filosofis–sosiologis–psikopedagogis kurikulum. Struktur Kurikulum terdiri dari: Intrakurikuler (mata pelajaran formal) Kokurikuler (proyek penguatan profil pelajar Pancasila) Ekstrakurikuler (pengembangan minat dan bakat). Muatan intrakurikule...

Keputusan Kepala BSKAP No 46 Th 2025 tentang Capaian Pembelajaran

  Keputusan Kepala BSKAP Nomor 46 Tahun 2025 tentang Capaian Pembelajaran (CP) dalam Kurikulum Merdeka bagi jenjang PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK: 🧾 Latar Belakang & Ruang Lingkup Ditetapkan oleh Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek. Menetapkan kerangka Capaian Pembelajaran (CP) pada semua jenjang pendidikan sejak PAUD hingga SMK/MAK , sebagaimana tercantum dalam Lampiran I–III Keputusan tersebut. Dokumen ini merupakan acuan utama untuk pengembangan kurikulum dan perangkat pembelajaran di sekolah. 🎯 Struktur Fase Pembelajaran Capaian Pembelajaran dirancang berdasarkan fase perkembangan peserta didik , bukan sekadar kelas: Fase Fondasi (PAUD) Fase A : kelas I–II SD/MI Fase B : kelas III–IV SD/MI Fase C : kelas V–VI SD/MI Fase D : kelas VII–IX SMP/MTs Fase E : kelas X SMA/MA Fase F : kelas XI–XII SMA/MA atau program SMK/MAK. Setiap fase memiliki indikator kompetensi yang disesuaikan ...

Keputusan Kepala BSKAP Nomor 45 Tahun 2025 Tentang Kerangka Asesmen (Kisi-Kisi) TKA SMA/SMK/MA

Peraturan Kepala BSKAP Nomor 45 Tahun 2025 tentang Kerangka Asesmen TKA SMA/SMK/MA , khususnya muatan dan materi yang akan diujikan dalam TKA (Tes Kemampuan Akademik) untuk jenjang menengah: 📘 Latar Belakang & Dasar Hukum Peraturan ini dikeluarkan oleh BSKAP (Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan) , bagian dari Kemendikbudristek, sebagai panduan resmi pelaksanaan TKA jenjang SMA/SMK/MA, dan mulai efektif pada tahun 2025. 🧩 Tujuan TKA TKA bertujuan mengukur capaian akademik peserta didik dalam mata pelajaran tertentu secara terstandar, objektif, dan kredibel , dan hasilnya digunakan untuk keperluan seperti: Memperkuat evaluasi pendidikan dan mutu Sebagai penambah validitas jalur seleksi berbasis prestasi (misalnya SNBP). 📚 Materi & Muatan yang Diujikan Berdasarkan kerangka asesmen, materi TKA untuk SMA/SMK/MA mencakup: 1. Mata Pelajaran Wajib Bahasa Indonesia Matematika Bahasa Inggris (untuk semua jurusan) 2. Mata Pelajaran Pilihan Peserta...

KSP SMK: KOMPONEN DAN EVALUASINYA (OLEH BSKAP KEMDIKDASMEN)

PENJELASAN KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN (KSP) TERBARU UNTUK SMK 1. Pengertian KSP Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP) adalah kurikulum operasional yang dikembangkan dan ditetapkan oleh setiap satuan pendidikan sebagai acuan dalam menyelenggarakan pembelajaran. KSP dirancang berdasarkan Kurikulum Nasional dan disesuaikan dengan: Karakteristik peserta didik Potensi satuan pendidikan Kondisi sosial budaya daerah Dukungan dari dunia kerja (khusus untuk SMK) 2. Dasar Hukum dan Pengembangan KSP SMK terbaru merujuk pada Keputusan Kepala BSKAP Nomor 033/H/KR/2024 dan regulasi pelaksana Kurikulum Merdeka, serta diperkuat oleh: Permendikbudristek No. 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Panduan penyusunan KSP dari BSKAP Kemendikbudristek 3. Ciri Utama KSP SMK Terbaru Berikut adalah ciri utama Kurikulum Satuan Pendidikan untuk SMK yang sesuai dengan arah Kurikulum Merdeka: a. Fleksibel dan Kontekstual KSP memberi keleluasaan kepada sekol...

PENTINGNYA SK PENETAPAN PEDOMAN KODE INVENTARIS ASET-ASET SEKOLAH DI SMK

Pentingnya SK Penetapan Pedoman Kode Inventaris di SMK : 📘 Apa itu SK Penetapan Pedoman Kode Inventaris? Surat Keputusan (SK) Penetapan Pedoman Kode Inventaris adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh kepala sekolah untuk menetapkan sistem pengkodean dan pencatatan barang milik sekolah (aset), agar tertib administrasi, terstruktur, dan terdokumentasi dengan baik. 🎯 Tujuan Penetapan Pedoman Kode Inventaris Standarisasi pengkodean inventaris sekolah agar setiap barang tercatat secara seragam. Mendukung manajemen aset di sekolah dalam kegiatan perencanaan, pengadaan, penggunaan, perawatan, dan penghapusan barang. Mempermudah pencarian dan pelacakan barang secara cepat dan akurat. Mendukung transparansi dan akuntabilitas sekolah dalam pengelolaan aset negara. Menjadi acuan dalam penyusunan laporan aset sekolah (SIMDA BMD atau Dapodik). 🏫 Mengapa SK Ini Penting di SMK? SMK memiliki banyak alat praktik, laboratorium, perangkat TIK, dan perlengkapan teaching factory...

Urgensinya SK Penetapan Pedoman Nomor Surat untuk Administrasi Sekolah di SMK

Urgensinya SK Penetapan Pedoman Nomor Surat bagi administrasi sekolah di SMK: 📌 Apa Itu SK Penetapan Pedoman Nomor Surat? Surat Keputusan (SK) Penetapan Pedoman Nomor Surat adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh kepala sekolah untuk menetapkan sistem penomoran surat keluar dan surat masuk di lingkungan sekolah secara terstruktur dan seragam. 🎯 Tujuan Penetapan Pedoman Nomor Surat Menstandarkan format dan alur penomoran surat agar tertib dan mudah ditelusuri. Mempermudah pencarian arsip surat berdasarkan nomor dan tahun. Mendukung transparansi dan akuntabilitas administrasi sekolah. Menjadi dasar pengelolaan dokumen dinas yang sistematis dan profesional. 📚 Mengapa SK Ini Urgen di SMK? 1. 📥📤 Volume Surat di SMK Sangat Tinggi SMK memiliki banyak interaksi dengan: Dunia usaha/dunia industri (DUDI) Pemerintah daerah dan pusat (BOS, DAK, BKK) Orang tua, siswa, dan masyarakat Mitra Teaching Factory (TEFA), LKS, PKL, uji kompetensi, dll. Tanpa sistem peno...